Profil Sekolah

Sekolah Menengah Atas Assa`adah (SMADAH) Bungah Gresik menghasilkan lulusan yang memiliki karakter pesantren dan kebangsaan, memiliki kompetensi yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, dan mempunyai literasi yang luas dan terbuka. Profil lulusan SMA Assa`adah sebagai berikut:

  1. Mampu memahami, meyakini, dan menjalankan ajaran Islam secara komprehensif, baik dan benar sebagai wujud memiliki karakter keislaman yang berbasis pondok pesantren Qomaruddin;
  2. Mampu memahami, meyakini dan memiliki motivasi dalam mengamalkan falsafah dan budaya bangsa;
  3. Mampu berbahasa jawa dan berbahasa internasional (Inggris dan Arab) serta menguasai teknologi informasi (IT);
  4. Berkemampuan akademik yang komprehensif-holistik dan unggul, sehingga menjadi manusia yang memiliki wawasan, pengetahuan dan keterampilan bertaraf internasional;
  5. Siap melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri favorit.

Untuk mendukung terpenuhinya profil lulusan, maka capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan oleh SMA Assa`adah merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah yang mencakup tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dimensi Sikap

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: a) beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, b) berkarakter, jujur, dan peduli, c) bertanggung jawab, d) pembelajar sejati sepanjang hayat, dan e) sehat jasmani dan rohani. Sikap tersebut sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Dimensi Pengetahuan

  1. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berkenaan dengan : 1) ilmu pengetahuan, 2) teknologi, 3) seni, 4) budaya, dan 5) humanoria.
  2. Mampu mengaitkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

 Dimensi Pengetahuan

  1. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks berkenaan dengan : 1) ilmu pengetahuan, 2) teknologi, 3) seni, 4) budaya, dan 5) humanoria.
  2. Mampu mengaitkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Dimensi Keterampilan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.